Pustakawan, Guru, dan Pegiat Literasi Antusias Ikuti Bimtek Literasi Informasi Hari Kedua
Memasuki hari kedua pelaksanaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Literasi Informasi yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Klaten, antusiasme para peserta tak surut pada Jumat, 13 Juni 2025. Pustakawan, guru, serta pegiat literasi kembali mengikuti rangkaian materi lanjutan yang mengangkat tema penting seputar kecakapan literasi informasi di era digital.
Bimtek ini kembali menghadirkan tiga narasumber utama yang sama seperti hari pertama, dengan pendalaman materi yang lebih interaktif dan aplikatif:
1. Joko Priyono, S.Sos., M.Si. dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), menyampaikan lanjutan materi tentang “Peran Komunikasi dalam Mewujudkan Masyarakat Cerdas dengan Informasi”. Ia menyoroti pentingnya komunikasi strategis di lembaga pendidikan dan komunitas sebagai alat penyebaran literasi berbasis nilai-nilai kebenaran informasi.
2. Aryati Wuryandari, S.T., M.Kom. dari Universitas Widya Dharma (Unwidha), memberikan pendalaman materi “Evaluasi, Analisa, dan Sintetis Informasi”. Kali ini peserta dilatih langsung melalui studi kasus untuk membedakan informasi valid dan hoaks serta melakukan sintesis informasi secara sistematis.
3. Zakiyah, S.I. Pust. dari Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI), mengajak peserta melakukan praktik langsung dalam sesi “Penelusuran Informasi”, dengan memperkenalkan berbagai platform pencarian data dan teknik pencarian tingkat lanjut.
Kegiatan Bimtek hari kedua ini ditutup dengan sesi diskusi kelompok dan refleksi pembelajaran, yang memberikan ruang bagi peserta untuk berbagi pengalaman serta menyusun rencana tindak lanjut dalam lingkungan kerja dan komunitas masing-masing.
Melalui rangkaian kegiatan selama dua hari ini, Dispersip Klaten berharap terbentuk jejaring kolaboratif antar pemangku literasi, sekaligus meningkatnya kemampuan teknis peserta dalam menyaring, mengolah, dan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat.
What's Your Reaction?






